Makin Hangatnya Perusahaan & Makin Dinginnya Persahabatan

Beberapa hari yang lalu kebetulan saya berulangtahun, kebetulan sejak saya sangat kecil, orang tua selalu mendidik untuk tidak merayakan ulang tahun

karena beberapa hal seperti pola hidup sederhana, tidak diajarkan dalam agama, tidak ada manfaatnya, dll. Jadilah saya sampai seumur ini belum pernah sekalipun merayakan ulang tahun & tidak pernah juga merasakan sensasi euforianya.
Tapi bagi beberapa orang, mungkin merayakan & ucapan selamat ulang tahun dari orang lain terasa menyenangkan, maka facebook memberi kita notifikasi kalau ada teman kita yang berulang tahun, tidak perlu repot-repot lagi mengingat tanggal kelahiran teman kita. Tapi ucapan ini makin kesini makin terasa dingin, otomatis saja kalau ada notifikasi ada beberapa orang menulis hbd di wall orang yang berulang tahun padahal yg ulang tahun udah 1 tahun lebih ga update status. Akhirnya sekedar jadi rutinitas saja nulis hbd ke wall orang. Saya sendiri menulis tanggal lahir palsu & dihide, efeknya wall saya sepi 😀
Di sisi lain, karena urusan resmi dengan bank, dealer, laboratorium, dll harus menyertakan tanggal lahir, lalu dengan hangatnya mereka mengucapkan selamat ulang tahun dengan pemilihan kata yang lebih baik, mungkin dengan jasa konsultan komunikasi, tentu dengan iming-iming promo khusus bagi orang yang ulang tahun. Akhirnya hp saya banyak bunyi entah email / sms dari perusahaan-perusahaan.
Makin kesini, ucapan ke sahabat kita akhirnya terasa makin dingin, sekedar hbd & mengikuti notifikasi fb, sedangkan perusahaan-perusahaan yang memilih kalimatnya dengan baik justru makin hangat & makin personal. Marketing 3.0 banget ini, perusahaan yang makin horisontal.

3 thoughts on “Makin Hangatnya Perusahaan & Makin Dinginnya Persahabatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *