Bedol Desa Bisnis Otomotif

Indonesia pada 2014 berbangga dengan penjualan mobil yang jauh melewati satu juta unit, sebuah angka psikologis yg dulu susah sekali ditembus. Motor lebih digdaya lagi dengan penjualan mendekati delapan juta unit.

Di tahun 2015, penjualan agak turun, mungkin karena kondisi ekonomi yg agak menurun. Kalau di jaman dulu DP dinaikkan pemerintah untuk menghindari bubble, saat ini dp diturunkan buat menggenjot penjualan. All in all, tingkat konsumsi kendaraan Indonesia luar biasa.

Di Eropa & Amerika, kondisinya cukup bertolak belakang, perusahaan otomotif agak limbung disini karena minat generasi muda atas kendaraan menurun, anak muda yang masuk dalam generasi Z lebih tertarik untuk mengeluarkan uangnya membeli produk teknologi. Yang juga menjadi perhatian utama mereka, biaya pendidikan yang meroket mencapai milyaran rupiah per tahun menjadikan mereka makin hati-hati untuk mengeluarkan uangnya.

Hal ini makin ditambah dengan transportasi umum yang sangat memadai, tidak seperti Indonesia yang traffic light jauh-jauh saja sudah pada ngeluh & dilanggar, di London, tiap berapa meter ada traffic light, semakin terasa repot untuk membawa kendaraan pribadi. Di sisi lain, kendaraan autonomous (mobil yang berjalan tanpa supir) seperti mobil Google sudah di pelupuk mata kehadirannya. Semua hal ini menjadikan minat membuat SIM di kalangan muda di dua benua tadi makin menurun hingga hanya 35% anak muda UK yang memiliki SIM.

Jadilah sekarang perusahaan-perusahaan otomotif berlomba-lomba mengejar pasar Asia yang masih empuk. Dulu Chevrolet, Ford, bahkan Maserati, dll cuma bisa hadir lewat Importir Umum dan hanya dibeli penghobi mobil, kini sudah punya ATPM dan bahkan dipakai untuk mobil keluarga.

Perubahan kondisi market memang memaksa perusahaan untuk gesit & berpindah negara seakan dunia sudah borderless. Akhirnya, kita sebagai konsumen di negara konsumtor yang dimanjakan, asal jangan sampai terlenakan dan berhenti pada tingkat konsumen dan malas berinovasi untuk membuat produk karya anak bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *